LAHAT, Kominfo –  Bertempat di ruang oproom Pemerintah Daerah Lahat, Kamis (18/11/2020), dilaksanakan video conference Rakornas PBJ yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Lahat H. Januarsyah Hambali, S.H., M.M., Kadis Kominfo Lahat Rudi Darma Setiawan, S.E., M.M., Inspektur Kabupaten Lahat dan Ketua UKPBJ Kab. Lahat yang di wakili oleh Khairil Azwan Kasubbag Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa.

Acara yang diadakan secara virtual dibuka langsung oleh Presiden RI Joko widodo diikuti perwakilan tiap-tiap Kepala Daerah seluruh Indonesia. Acara ini di adakan oleh LKPP RI dalam rangka kegiatan Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa 2020 ini bertema “Transformasi Digital dan Profesionalisme SDM Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah”.

Meskipun rakornas dilakukan secara hybrid (online dan offline) karena kondisi yang tidak memungkinkan akan tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Rakornas kali ini dihadiri oleh 2813 peserta dari kementrian, lembaga dan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten.

Roni dwi susanto selaku ketua LKPP RI menyampaikan bahwa perencanaan dan penganggaran merupakan tahapan awal dari ekosistem pengadaan, yang sangat strategis, dengan demikian butuh perhatian khusus dari para pimpinan kementrian maupun pemerintah daerah agar instansinya menyusun rencana pengadaan secara baik, sehingga proses perencanaan terlaksana sesuai rencana agar masyarakat mendapatkan pelayan publik yang baik dan berkualitas tepat pada waktunya.

Dalam sambutannya Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa LKPP harus berani melakukan banyak terobosan terutama dengan memanfaatkan teknologi super modern, bangun sistem pengadaan yang real time lakukan transformasi ke arah 100% e-procurement, manfaatkan teknologi untuk meningkatkan kapasitas pengolaan data pengadaan agar lebih cepat.