LAHAT, Kominfo – Workshop Penyiapan Lembaga untuk pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2020 kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat dengan Direktorat PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibuka secara langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat sekaligus Bunda PAUD Lahat Cik Ujang, S.Hut., bertempat di Ballroom Hotel Grand Zuri Lahat, Senin (2/11).
Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat sekaligus Bunda Paud Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut.,  beserta Anggota, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Sekretaris Drs. Mujahidin, Ketua IGTK Kabupaten Lahat, Ketua Himpaudi Kabupaten Lahat, Narasumber BAN PAUD-PNF Provinsi Sumatera Selatan Dra. Hj. Murniah, M.Si., dan Peserta Workshop.
Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut dalam sambutannya menyampaikan bahwa, akreditasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan jalur pendidikan formal dan nonformal. Pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang sifatnya terbuka, sedangkan di Kabupaten Lahat baru sebanyak 180 Lembaga PAUD yang terakreditasi dari jumlah 430 lembaga.
Bagi lembaga, Akreditasi membantu untuk mengetahui sejauh mana lembaga tersebut telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah atau Standar Nasional Pendidikan, sebagai standar minimal kualitas untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja lembaga, perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan pada masa yang akan datang untuk peningkatan mutu berkelanjutan.
Adanya motivasi dan bimbingan dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan, agar mendorong lembaga PAUD di Kabupaten Lahat untuk mengikuti akreditasi. Melalui akreditasi pendidikan yang bermutu diharapkan menghasilkan generasi dan pemimpin masa depan yang berkualitas, sehingga akan membawa pendidikan Kabupaten Lahat Bercahaya dan kemajuan disegala bidang.
“Kepada para peserta selamat mengikuti kegiatan tersebut, guna memenuhi Standar Nasional Pendidikan, ikuti sampai dengan selesai agar dapat mengaplikasikan pada satuan pendidikan masing – masing,”katanya.